4 Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Area Jangkauan dan Letak Geografis

Macam-macam jenis jaringan komputer berdasarkan luas area jangkauannya – Jaringan komputer mungkin sudah terdengar tidak asing pada telinga kita, hampir setiap saat, setiap hari kita menggunakan jaringan komputer ataupun melibatkan jaringan pada aktifitas dan mungkin juga pada pekerjaan kita. Sekarang ini,  terdapat 3 jenis jenis jaringan komputer, ke-3 jenis jaringan komputer ini selalu berada di dekat kita dan mungkin sering kita gunakan baik itu untuk aktifitas atau yang lainnya.

Jenis – Jenis jaringan komputer berdasarkan beda area jangkauan dan geografis adalah:

  1. LAN (Local Area Network)
  2. MAN (Metropolitan Area Network)
  3. WAN (Wide Area Network)

Untuk penjelasannya tentang macam macam jenis jaringan komputer baik itu berdasarkan cakupan luas wilayah area jangkuan ataupun berdasarkan letak geografisnya, kalian bisa baca dibawah ini.

Jenis jenis jaringan komputer berdasarkan area luas jangkauan

Berikut ini adalah jenis jenis jaringan komputer yang biasa digunakan atau umum digunakan berdasarkan luas geografis ataupun luas area jangkauannya, silakan dibaca perlahan.

1. Personal Area Network (PAN)

macam macam jenis jaringan komputer yang sering digunakan

Personal area network atau PAN merupakan jaringan komputer yang digunakan untuk berkomunikasi ke perangkat perangkat pribadi kalian, seperti komputer, laptop, mouse wireless ataupun keyboard wireless dll. Jaringan personal area network ini biasanya menggunakan teknologi seperti bluetooth, wireless ataupun USB untuk menghubungkan antar perangkat pribadi.

PAN ini memiliki sifat private atau personal, karena hanya digunakan pada perangkat perangkat pribadi saja ataupun hanya keperluan pribadi saja.

2. Local Area Network (LAN)

Contoh jaringan lan - jenis jaringan komputer berdasarkan area

Lan merupakan Salah satu jaringan komputer yang sering digunakan baik itu di sekolah, kampus ataupun tempat lainnya. LAN digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer satu dengan perangkat komputer lainnya dalam satu ruangan, satu kantor atau satu gedung untuk berbagi sumber daya dan digunakan secara bersama-sama dan saling berbagi informasi atau bertukar data dalam satu area.

Media transmisi yang digunakan pada jaringan Local Area Network (LAN) menggunakan kabel tunggal atau biasanya sih menggunakan kabel UTP type straight ataupun cross.

Intinya sih, jaringan LAN ini menghubungkan antar perangkat komputer satu dengan yang lainnya yang berada di dalam satu area.

3. Metropolitan Area Network (MAN)

Sebenarnya MAN ini merupakan jaringan LAN hanya saja luas area jangkuan dari MAN ini bisa dibilang sedikit lebih luas dari jaringan LAN, tetapi teknologi yang digunakan pada jaringan MAN sama dengan yang digunakan oleh jaringan LAN.

contoh jaringan man - Jenis-jenis jaringan komputer

Metropolitan Area Network atau disingkat sebagai MAN ini mencakup antar wilayah kota atau perkotaan. Contohnya seperti jika kalian memiliki kantor pusat yang posisinya berada di Jakarta dan kantor cabang berada di Tangerang dan depok.  Maka kedua kantor tersebut bisa saling terhubung dan tidak harus mengelola atau mengontrol kantor cabang dengan mendatanginya.

Hanya dengan memanfaatkan teknologi MAN ini, kita bisa mengontrol dan mengelola kantor cabang dari jarak jauh.

4. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network atau disingkat sebagai WAN memiliki luas jangkauan atau luas geografis yang paling luas di antara jaringan LAN dan jaringan MAN.

Jenis jaringan komputer berdasarkan luas geografis

Jenis jaringan komputer yang wilayahnya mencakup antar negara atau antar benua disebut jenis jaringan komputer WAN, karena memiliki luas area wilayah jangkuan yang sangat besar.

Jaringan WAN digunakan untuk menghubungkan seluruh jaringan area lokal atau biasa yang disebut jaringan LAN agar bisa saling terhubung satu sama lain.  Sehingga para pengguna atau user komputer diberbagai wilayah baik itu benua ataupun negara bisa terus melakukan komunikasi antara satu sama lainnya.

Internet merupakan salah satu contoh jaringan WAN, karena semua orang dari belahan dunia bisa saling terhubung. Jaringan WAN membutuhkan salah satu alat, salah satu alat tersebut berupa router. Jaringan WAN juga biasanya menggunakan Satelit ataupun kabel fiber optik bawah laut.

Dengan menggunakan router pada jaringan bisa untuk membantu menghubungkan jaringan yang berbeda segment dan membantu melakukan rute jalur yang nantinya akan di lewati oleh paket data didalam proses transmisi paket data dan komunikasi antar para pengguna jaringan WAN didalamnya.

Itulah beberapa macam macam jenis jaringan komputer berdasarkan area luas cakupannya. Jaringan komputer dibangun dengan memiliki tujuan untuk bisa melakukan berbagai komunikasi antara komputer satu dengan komputer lainnya beda kota, provinsi maupun dunia sekalipun. Selain itu, jaringan komputer diciptakan agar bisa berbagi sumber daya seperti pemakaian CPU, penyimpanan (HDD ataupun SSD), Printer dan banyak hal lainnya.

Leave a Reply