Cara Install Docker Portainer di STB B860H dan HG680P

Install Docker di STB B860H Bekas Indihome Memanfaatkan salah satu STB Bekas indihome yaitu B860H sebagai mini server murah meriah dan akan saya coba install docker portainer di stb bekas indihome ini menggunakan armbian 5.84 basis debian 9 atau debian stretch.

Pengertian singkat tentang docker

Sebelumnya, kita kenalan sedikit terlebih dahulu tentang si docker ini.

Docker Docker pertama kali diperkenalkan oleh banyak orang pada tahun 2013 di acara PyCon US oleh Solomon Hykes dan docker ini juga dikembangkan oleh Solomon Hykes sebagai proyek internal di dotCloud, yang merupakan sebuah perusahaan PaaS (platform as a service).

Dokumentasi docker ini bisa kalian lihat di https://docs.docker.com/.

Docker adalah sebuah project software open source yang digunakan untuk menyatukan berbagai macam-macam file dalam pengembangan sebuah program perangkat lunak.

File-file pendukung itu disebut namanya dengan image. Kumpulan berbagai image atau file file pendukung tersebut nantinya akan dijadikan satu kedalam sebuah wadah yang disebut dengan Container/kontainer yang ringan.

Docker ini menggunakan Arsitektur client dan server. Docker client mengirimkan request/permintaan kepada docker daemon untuk membangun, mendistribusikan, dan menjalankan container docker.

Keduanya docker client dan daemon dapat berjalan pada sistem yang sama. Antara docker client dan docker daemon berkomunikasi via socket menggunakan RESTful API.

Cara install docker di stb bekas indihome

Baiklah, kita langsung saja ke tutorial cara install docker di STB B860H, yang saya miliki ini ada versi 2 yaitu dengan RAM sebesar 2GB.

Persiapan

Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu file armbiannya dan rufus atau bakar file iso kedalam sdcard, terdapat beberapa versi untuk armbian ini. Ada yang basis debian dan juga ubuntu, disini saya menggunakan armbian 5.84 basis debian 9 atau debian stretch.

Jika kalian belum memilikinya dan belum install armbian pada stb kalian, kalian bisa install terlebih dahulu armbiannya di stb kalian masing masing dan juga pastinya kalian harus menyiapkan device STB bekas indihomenya. Bisa menggunakan HG680P atau B860H versi 1 atau versi 2 yang sama seperti saya gunakan saat ini.

Selanjutnya, remote server kalian disini saya menggunakan aplikasi putty untuk me-remote server saya. Lalu step berikutnya masuk ke server kalian sebagai superuser atau user root, lalu kalian harus setting IP Address yang ada di STB ini menjadi static bukan DHCP.

Karena armbian yang saya gunakan basis debian 9, jadi cara setting ip address staticnya sama dengan yang di debian 9 server yaitu dengan perintah:

# nano /etc/network/interfaces

Cara setting ip address static di debian 9

Installasi

1. Selanjutnya, jika kalian sudah melakukan setting static ip address pada stb kalian dan sudah meremote server stbnya. Silakan masukan perintah update dan juga upgrade pada stb kalian, seperti gambar dibawah ini.

# apt-get update

2

2. Jika sudah melakukan update selanjutnya kita lakukan upgrade package. Caranya dengan memasukan perintah.

# apt-get upgrade

upgrade package di debian 9

3. Next, tambahkan docker kedalam repository, jika menggunakan ubuntu masukan docker di repository dengan perintah.

# wget https://download.docker.com/linux/ubuntu/gpg

Kata yang berwarna merah sesuaikan dengan OS armbian  yang kalian gunakan. Disini saya menggunakan armbian basis debian 9 saya memasukan perintah.

# wget https://download.docker.com/linux/debian/gpg

install docker di stb bekas indihoome | menambahkan docker kedalam repository

4. Setelah itu masukan juga perintah dibawah ini.

# apt-key add gpg

install docker di stb

5. Jika hasilnya sudah ok, selanjutnya edit dan tambahkan repository docker pada file docker.list. Caranya masukan perintah.

# nano /etc/apt/sources.list.d/docker.list

Selanjutnya, tambahkan repo dibawah ini. Yang warna merah sesuaikan dengan sistem operasi armbian kalian.

deb [arch=arm64] https://download.docker.com/linux/debian stretch stable

install docker di stb b860h

6. Jika sudah memasukan repositorynya kalian save ctrl + x lalu tekan huruf Y lalu enter, lakukan update dengan perintah.

# apt-get update

docker di instsall di stb

7. Sekarang install docker dengan perintah:

# apt-get install docker-ce -y

install docker

8. Setelah installasi docker selesai, kita check status docker tersebut apakah sudah active atau belum. Caranya dengan perintah:

# systemctl status docker

docker on stb

9. Status docker sudah aktif, selanjutnya kita install docker webui portainer dengan perintah.

# docker pull portainer/portainer

10

10. Buat direktori atau folder baru untuk data portainernya.

# mkdir /opt/portainer /data

11

11. Kita jalankan portainernya dengan perintah dibawah ini.

# docker run -d -p 9000:9000 --restart always -v /var/run/docker.sock:/var/run/docker.sock -v /opt/portainer:/data portainer/portainer

running portainer

Sekarang kita bisa mengaksesnya melalui web browser. Cukup masukan ip address yang sudah kalian setting tadi dan dibelakangnya di tambahkan port:9000 seperti gambar diatas.

IP address yang saya gunakan disini adalah 172.30.1.100 maka saya akan memasukan (ip-address):9000 kedalam bar url address di web browser, seperti gambar dibawah ini.

19

Setelah memasukan ip-address:9000, akan muncul halaman membuat akun user untuk login, silakan diisi username dan passwordnya dan jika sudah langsung klik create user.

user account for docker

Setelah selesai membuat akun user, kalian akan masuk kedalam halaman utama dari webui portainer seperti gambar dibawah ini.

portainer docker

Cukup mudah bukan cara install docker di stb b860h bekas indihome? selanjutnya kita menambahkan software.

Penutup

Sekian dulu dari artikel tentang install docker di stb b860h. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, silakan tinggalkan komentar yang relevan dan mungkin bisa berikan saran, masukan dan kritiknya untuk blog ini ataupun artikel ini.

Terimakasih.

Leave a Reply