Cara Install Adguard Home Under Docker Di STB

Install Adguard home Under Docker di STB Bekas Indihome Memanfaatkan STB bekas indihome sebagai mini server. Pada STB B860H bekas indihome yang saya gunakan ini bisa kita install adguard home baik install di under docker.

Dengan kita setting adguard home di jaringan local dirumah kita, kita bisa menjadikanya sebagai DNS server. Selain itu fungsinya bisa juga untuk membuka website website yang diblokir oleh ISP seperti contohnya pada website reddit.com dan bisa juga sebagai ads blocker.

Pengertian singkat adguard home

Adguard home ini sendiri dikatakan pada github page adguard ini bersifat open-source, kalian bisa baca pada file readme.md di github. Adguard ini juga bisa di install di windows, android, iOS, Mac dan juga browser extension. Tapi saya menggunakan perangkat STB B860H bekas indihome yang akan saya jadikan sebagai DNS server yang saya install adguard home.

Jadi perangkat yang terhubung kedalam jaringan lokal milik saya itu akan bisa merasakan fungsi dari adguard home ini salah satu fungsinya yaitu sebagai ads blocker, jadi client client yang terhubung dengan jaringan saya tidak perlu install adguard di masing masing perangkat.

Cara install adguard home under docker

Sebelum lanjut ke tutorial install adguard home under docker di stb, ada beberapa hal yang perlu dipersiapan yoleh kalian, salah satunya adalah:

  • STB kalian pastikan sudah di root dan unlock.
  • Pastikan STB kalian sudah terinstall sistem operasi armbian baik itu versi desktop atau versi cli (server) debian based atau ubuntu based.
  • Sudah terinstall docker portainer pada stb kalian masing masing.
  • Pastikan stb kalian sudah terhubung dengan internet.

Setting adguard home di container

1. Jika kalian sudah install docker portainer, kalian akses docker kalian di web browser masing masing dengan ip address dan port 9000.

Disini saya akses docker saya dengan ip address 172.30.1.100:9000, Lalu selanjutnya pilih container. Seperti gambar dibawah ini.

Baca juga :  Cara Mengatasi dan Mempercepat Laptop Yang Lemot

Install adguardhome di stb

2. Jika sudah klik menu container, langsung saja kalian pilih tombol add container.

install adguard home

3. Setelah sudah klik tombol add container, pada kolom name kalian isikan adguardhome dan pada kolom image kalian isi adguard/adguardhome:latest.

Selanjutnya klik tombol berwarna abu-abu yang bertuliskan publish a new network port, seperti gambar dibawah ini.

setting docker portainer for adguard home

4. Setelah kalian klik tombol publish a new network port, isikan kolom host dan kolom portainer, seperti gambar dibawah ini.

Pada kolom host yang pertama di isi port 3000 dan containernya saya berikan 3000 juga, port pada container bisa kalian ganti selain 3000, 3000 itu adalah port default saat ingin mengakses dashboard adguard home.

Pada host yang kedua, hostnya diisi 53 yaitu port dns dan pada kolom container disini saya isikan port 5300. Setelah itu klik tombol deploy the container, seperti gambar dibawah ini.

setting docker portainer for adguard home

5. Setelah kalian menekan tombol deploy the container, akan muncul di tampilan dashboard seperti gambar dibawah ini.

adguard home under docker

Setting adguard home di web browser

1. Setelah itu kalian bisa mulai akses adguard homenya di web browser kalian masing masing. Sebelumnya saya memasukan port 3000 maka saya bisa akses adguard homenya dengan memasukan ip address server dan port 3000.

Contohnya disini saya menggunakan ip address 172.30.1.100, maka di url address bar saya memasukan 172.30.1.100:3000.

Setelah memasukan ip address dan port muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Langsung saja kalian klik Get Started.

setup adguard home

2. Setelah klik get started pada bagian port 3000 kalian bisa ubah, tapi disini saya akan biarkan default saja. Lalu pada port 53 saya ubah menjadi port 5300. Seperti gambar dibawah ini.

Jika kalian sudah setting portnya kalian bisa langsung klik tombol next untuk lanjut ke step berikutnya.

setup adguardhome

3. Selanjutnya isikan username dan password untuk login kedalam dashboard adguard home. Jika sudah kalian klik tombol next.

setting adguard home

4. Akan muncul tampilan cara konfigurasi adguard di router, windows, macOS, android dan iOS. Langsung saja klik next.

setting adguard home

5. Selanjutnya klik tombol open dashboard untuk masuk kedalam dashboard dari adguard home.

Baca juga :  Cara Install Docker Portainer di STB B860H dan HG680P

setting adguard home

6. Selanjutnya login dengan akun yang sudah kalian buat sebelumnya. Jika sudah langsung klik sign in.

setting adguard home

7. Setelah kalian memasukan username dan password, kalian akan masuk kedalam dashboard dan akan muncul tampilan dashboard dari adguard home.

Selanjutnya pertama kalian klik menu filter lalu pilih DNS blocklists, seperti gambar dibawah ini.

setting adguard home

8. Setelah itu centang atau ceklis semua kotak, seperti gambar dibawah ini. Jika ingin menambahkan add blocklist kalian bisa klik tombol add blocklist, jika kalian tidak ingin menambahkan blocklists kalian bisa kembali lagi ke dashboard.

setting adguard home

Setting Adguard home di mikrotik

Sekarang kita setting adguard home nya di mikrotik jika kalian memiliki mikrotik. Kalian remote mikrotik kalian dengan winbox.

Jika sudah masuk kedalam dashboard mikrotik winbox kalian, klik menu IP lalu pilih DNS pada bagian servers masukan ip address dari server stb kalian atau ip address adguardhome kalian masing masing.

IP Address yang digunakan oleh adguardhome saya adalah 172.30.1.100 maka saya memasukan ip address tersebut pada kolom servers di menu DNS, seperti gambar dibawah ini. Jika sudah kalian bisa langsung apply dan ok.

setting adguard home di mikrotik

Selanjutnya reboot routerboard kalian agar client client yang terhubung DNS nya bisa terganti dengan IP address dari adguard home. Jika sudah di reboot, sekarang adguard home sudah terkonfigurasi didalam jaringan lokal di tempat kalian.

Sekarang saat kalian surfing di website website lain iklan yang berada di dalam website tersebut akan otomatis terblockir dan website yang di blockir oleh ISP kalian seharusnya sudah bisa di akses, contohnya seperti website reddit.com.

Penutup

Gimana cukup mudah bukan untuk install dan setting adguard home under docker untuk jaringan lokal? Jika ada pertanyaan silakan ketikan saja di kolom komentar dibawah ini.

Jika ingin berikan saran, masukan ataupun kritik silakan ketikan saja di kolom komentar dibawah, saran, masukan dan juga kritik yang kalian berikan merupakan salah satu bentuk support kalian untuk blog ini dan juga penulisnya.

Terima kasih.

Leave a Comment