Persiapan Sebelum Install Ulang Windows

Beberapa Hal-hal Yang Harus di Persiapkan Sebelum Melakukan Install Ulang Windows – Akan ada masanya atau waktunya dimana kita harus melakukan install ulang windows kita pada laptop ataupun komputer, tapi untuk melakukan installasi windows kita mesti mengetahui apa saja yang harus kita lakukan sebelum kita melakukan installasi windows baik itu untuk windows 7, windows 8, ataupun windows 10 versi terbaru sekalipun.

Alasan kita melakukan installasi ulang windows kita mungkin terdapatnya beberapa masalah yang tiba tiba saja terjadi pada laptop ataupun komputer kalian, salah satunya seperti:

  1. Terkena virus atau malware
  2. System Crash
  3. Sudah terasa lambat
  4. Banyak aplikasi auto start atau terbuka sendiri
  5. Dan beberapa kendala atau problem lainnya

Mungkin beberapa kalian ada yang pernah mengalami salah satu masalah diatas dan ingin melakukan install ulang windows kalian.

Beberapa Persiapan Sebelum Install Ulang Windows

Ada beberapa point atau hal yang harus dilakukan sebelum install ulang windows kalian, antara lain adalah:

1. Cek kondisi storage HDD atau SSD

cek kesehatan harddisk sebelum install ulang

Pertama, sebelum install ulang windows kalian harus melakukan pengecekan terlebih dahulu pada media penyimpanan si laptop ataupun si komputer.

Karena melakukan install windows akan di simpan pada media penyimpanan yaitu HDD ataupun SSD.

Apakah masih bagus health dan perfomancenya?

Jika storage kalian baik itu HDD ataupun SSD sudah menurun atau healthnya sudah bisa dikatakan tidak sehat atau tidak bagus itu bisa menyebabkan laptop menjadi lemot.

Jika dari awal terima laptop ataupun komputer yang ingin di install ulang dan posisinya tidak bisa melakukan booting atau masuk ke desktop windows, kalian bisa menggunakan live usb OS.

Maksudnya kalian bisa membuat bootable di flashdisk kalian terlebih dahulu yang dimana flashdisk tersebut di isikan software seperti DLC boot ataupunn seperti IT Tools Pack Solution (ITPS).

Untuk melakukan pengecekan media storage kalian bisa menggunakan software HDD Sentinel Ataupun HDD tune pro, software tersebut tidak hanya melakukan pengecekan kesehatan HDD saja, namun bisa juga melakukan pengecekan pada media penyimpanan seperti SSD.

2. Backup seluruh data

Tentunnya kalian harus melakukan backup seluruh data pada laptop ataupun komputer yang ingin kalian install ulang sistem operasi windowsnya.

Jika dari awal kalian tidak bisa masuk kedalam desktop windows, kalian bisa melakukan backup data dengan menggunakan DLC boot ataupun ITPS (IT Tools Pack Solution).

Kalian bisa juga menjadikan harddisk laptopnya atau komputer menjadi harddisk external terlebih dahulu untuk melakukan backup data.

3. Siapkan file installer windows

kalian harus menyiapkan file installer windows atau biasa disebut dengan file iso windownsya terlebih dahulu sebelum kalian melakukan install ulang pada windows baik itu di laptop ataupun di komputer (PC).

Untuk mendapatkannya file installer windowsnya kalian bisa langsung download saja di website resmi microsoft untuk melakukan download file iso windows 7, windows 8 ataupun windows 10 versi terbaru.

Tapi untuk lisensi (license) kalian tetap harus membelinya.

Membeli license windows 10 kalian bisa beli langsung di website resmi nya windows 10 ataupun kalian bisa beli di olshop, karena saya sering melihat banyak yang menjual license windows 10 di beberapa olshop.

4. Siapkan Flashdisk dan buat bootable windows

membuat bootable sebelum installasi windows

Setelah kalian melakukan pengecekan media penyimanan dan hasilnya masih dalam kategori bagus dan kalian telah memiliki file iso windowsnya kalian bisa lanjut ke step berikutnya yaitu membuat bootable windows.

Software yang biasa saya gunakan untuk membuat bootable windows adalah rufus dan YUMI.

Kalian bisa memilih salah satu dari software tersebut tapi saya menyarankan untuk menggunakan rufus karena mudah digunakan.

Untuk media installer CD/DVD atau flashdisk yang di gunakan usahakan minimal 4GB ataupun 8GB.

Saya lebih sering menggunakan flashdisk sih dari pada cd atau DVD, karena mudah dibawa bawa dan juga mudah membuat bootablenya.

5. Persiapkan driver yang kompatibel

Ini merupakan salah satu point penting karena setelah kalian melakukan install ulang windows tentunya kalian harus melakukan installasi driver – driver yang dibutuhkan oleh si laptop ataupun si komputer.

Untuk mencari driver-driver kalian bisa install driver tersebut melalui device manager dengan melakukan update driver secara otomatis, tentunya untuk melakukan update driver dengan otomatis dibutuhkan koneksi internet.

Selain itu, kalian bisa menggunakan software auto installer driver seperti snappy driver, driver pack solusion, ataupun easy driver.

Saya biasa menggunakan snappy driver karena cukup mudah untuk digunakan.

6. Siapkan aplikasi atau software yang dibutuhkan

Selanjutnya, siapkan aplikasi yang dibutuhkan oleh si pemilik perangkat, agar setelah windows selesai bisa langsung di install langsung.

Salah satunya aplikasi atau software yang harus kalian siapakan antara lain seperti:

  • Browser (Chrome, opera ataupun firefox)
  • 7zip ataupun winrar
  • Microsoft Office ataupun WPS
  • Anti virus selain windows defender (smadav, ESET, dll) biasanya saya memasang antivirus itu smadav dan juga windows defender.

Menurut saya diatas merupakan software pertama yang harus di siapkan sebelum installasi windows, ya memang sih bisa kita cari itu semua di internet dan bisa dilakukan setelah selesai installasi windows tapi tidak ada salahnya jika kita telah menyiapkannya lebih dahulu.

Mungkin ini yang bisa saya sampaikan tentang beberapa hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum install ulang windows.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Silakan tinggalkan komentar jika ingin ada yang menambahkan ataupun memberikan saran, kritik ataupun masukan kepada blog ini atau artikel ini.

Terima kasih.

2 thoughts on “Persiapan Sebelum Install Ulang Windows”

Leave a Reply