Cara Mengatasi dan Mempercepat Laptop Yang Lemot

Cara mudah mempercepat dan mengatasi laptop yang lambat – Pastinya beberapa mungkin banyak orang yang sudah atau pernah mengalami yang namanya problem laptop menjadi lemot? ada beberapa faktor yang mempengaruhi laptop tersebut menjadi lemot ataupun menjadi lambat performance nya pada windows 10, 8 ataupun windows 7. Silakan disimak informasi dibawah ini.

Penyebab dan mengatasi laptop lemot

Penyebab laptop lemot

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, kalau ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan laptop atau komputer menjadi lemot atau lambat, dibawah ini merupakan penyebab laptop atau computer menjadi lamban dan cara mengatasinya.

1. Ukuran RAM kecil Atau Ram Penuh

ram laptop penuh menjadi salah satu penyebab laptop menjadi lambat

Pertama dengan kecilnya ukuran RAM menjadi salah satu faktor penyebab kenapa laptop ataupun computer menjadi lemot.

RAM dengan ukuran atau size yang kecil ini akan membuat laptop atau perangkat komputer kalian menjadi lambat karena saat kalian membuka banyak aplikasi atau biasa kita sebut dengan multitasking itu akan memakan kapasitas ram.

Solusi : Kalian bisa menambah kapasitas ram agar kegiatan multitasking kalian berjalan lancer, tapi perlu di ingat kita tidak bisa menambahkan RAM dengan asal begitu saja.

Karena RAM itu memiliki beberapa tipe contohnya: RAM DDR2, RAM DDR3, RAM DDR3L dan yang saat ini sudah mulai banyak digunakan adalah RAM DDR4 dan dari banyaknya tipe ram tersebut tentunya slot ramnya juga berbeda.

Hanya saja untuk ram DDR3 dan DDR3L itu memiliki slot yang sama namun hanya berbeda voltasenya saja, DDR3L itu merupakan low voltase.

Jadi pastikan kalian membelikan RAM yang sesuai dengan spesifikasi laptop ataupun computer kalian masing masing, jangan sampai salah beli.

Jika kalian bingung kalian bisa berkonsultasi kepada orang yang paham ataupun bisa bertanya kepada service centre dari brand kalian masing masing.

2. Hardisk sudah mulai rusak atau hardisk terlalu penuh

laptop lemot karena harddisk rusak dan harddisk sudah full

Dengan penuhnya kapasitas penyimpanan pada hardisk tentu akan membuat si hardisk kewalahan untuk memproses data, ini juga merupakan salah satu penyebab laptop atau komputer lemot.

Jika hardisk tidak terlalu penuh pada penyimpanannya tetapi masih terasa lambat ataupun lemot, pastikan hardisk kalian masih dalam keadaan performa bagus dan kesehatannya masih bagus.

Software untuk melakukan pengecekan hardisk tersebut kalian bisa menggunakan HDD tune pro ataupun HDD Sentinel.

Solusi : Kalian bisa mengurangi atau menghapus file file ataupun aplikasi yang tidak dibutuhkan atau juga jika kalian pengguna windows, kalian bisa menghapus file temp caranya kalian hanya cukup tekan tombol windows + R (secara bersamaan), lalu masukan perintah %temp%.

Baca juga :  Cara Install Docker Portainer di STB B860H dan HG680P

Jika sudah akan muncul banyak file file berbagai macam nama, seperti gambar dibawah.

file temp pada windows 10

Kalian bisa langsung menghapusnya saja dan juga jangan lupa kalian lakukan defragment pada HDD jangan pada SSD.

Solusi lain mungkin kalian bisa mengganti HDD menjadi SSD. Perbedaan HDD dan SSD cukup signifkan, HDD memang sudah di kenal dengan speednya yang minim tetapi memiliki penyimpanan yang cukup besar.

Tapi jika kalian ingin mengatasi loading lemot ataupun membuka aplikasi lemot pada windows ataupun linux ada baiknya kalian melakukan upgrade ke SSD. SSD memang memiliki penyimpanan yang lebih kecil daripada HDD.

Tapi SSD memiliki keunggulan dalam performa Read/Write data yang lebih cepat dibandingkan harddisk. Sudah banyak yang melakukan compare proses booting antara SSD dan juga HDD, kalian bisa langsung saja cek di youtube jika penasaran.

3. Banyaknya aplikasi yang startup

aplikasi berjalan dibackground penyebab laptop menjadi lambat

Pernah merasakan lambat saat melakukan booting? Mungkin penyebab salah satunya adalah banyak aplikasi yang berjalan di background atau autostart app.

Selain masih menggunakan hardisk terlebih lagi hardisk dalam keadaan sudah menurun performanya.

Banyaknya aplikasi yang berjalan di background juga merupakan penyebab lambatnya proses booting atau masuk kedalam desktop.

Solusi : Kalian bisa melakukan disable pada aplikasi aplikasi yang berjalan di background atau autosstart yang menyebabkan lambat dalam proses booting.

Apakah dengan mendisable aplikasi auto start akan bermasalah pada aplikasi tersebut? Menurut saya tidak.

Karena kita hanya melakukan disable autostart appnya saja jadi tidak berpengaruh kepada kinerja aplikasi tersebut.

4. Terkena Virus Malware

laptop kena virus atau malware

Terkenanya virus merupakan salah satu faktor penyebab menjadinya laptop atau komputer menjadi ngeleg atau lambat ataupun lemot.

Ko bisa terkena virus? Mungkin karena kalian pernah mengunduh file ataupun program dari situs website yang tidak aman atau kalian pernah melakukan installasi program atau software yang tidak aman.

Bisa juga karena terinfeksi dari orang lain, contohnya seperti orang lain ingin melakukan copy data menggunakan flashdisk dan data tersebut terdapat didalam laptop ataupun perangkat komputer mu.

Nah kita tidak tahu apakah flashdisk orang tersebut aman dari virus atau tidak, jika antivirus kita tidak dinyalakan dan orang tersebut membawa virus di dalam flashdisk ataupun hardisk externalnya maka ada kemungkinan perangkat kita akan terkena atau terinfeksi virus.

Solusi : Pastikan kalian menggunakan antivirus seperti windows defende itu gratis dan dari windows langsung pastikan windows defender tersebut aktif dan up to date.

Kalian bisa menggunakan antivirus lain seperti: smadav, ESET NOD, Avast dll. Saya sendiri hanya menggunakan windows defender dan smadav alhamdulillah sampai sekarang belum terkena malware.

Baca juga :  Hal Yang Wajib Di Lakukan Setelah Install Os Windows

Tips cara mempercepat laptop yang lemot

1. Upgrade Hardisk menjadi SSD

Kecepatan SSD sudah tidak ragukan lagi jika bicara soal kecepatan. Tetapi untuk ukuran mungkin bisa menjadi salah satu kekurangan SSD tersebut.

Jika laptop kalian ingin menjadi cepat baik itu dalam proses booting atau open app kalian bisa menggunakan SSD sebagai system.

2. Tambah RAM

Untuk melakukan multitasking dapat berjalan lancar, kita perlu melakukan upgrade RAM atau tambah RAM pada perangkat laptop ataupun komputer kita.

Tetapi jangan sampai salah memilih tipe ram, cocokan dengan tipe ram yang di support oleh perangkat kalian baik itu laptop ataupun komputer.

3. Disable aplikasi yang auto start

Jika masih menggunakan storage HDD mungkin mematikan atau melakukan disable aplikasi yang auto start bisa menjadi salah satu solusi agar mempercepat loading booting windows pada laptop ataupun perangkat komputer walaupun sedikit.

Ko sedikit? Ya namanya juga HDD tidak bisa berharap banyak untuk speed write/readnya, jika ingin cepat silakan upgrade HDD menjadi SSD.

4. Install ulang OS atau Reset OS

Masih menggunakan HDD dan sudah melakukan disable aplikasi auto start sudah, tapi masih tetap lemot? kalian bisa install ulang lagi OS kalian atau reset OS kalian, mungkin saja ada virus yang bersarang di laptop kalian.

Atau bisa menggunakan OS ringan seperti windows 7 atau linux yang menggunakan desktop environment ringan seperti LXDE, Xfce.

Tapi mungkin sebelumnya kalian bisa cek terlebih dahulu apakah HDD kalian masih sehat? Sebelum melakukan install ulang windows atau reset windows kalian.

5. Cek spesifikasi perangkat

laptop lemot karena sudah jadul

Jika masih lemot dalam mengerjakan beberapa pekerjaan ataupun melakukan multitasking mungkin kalian bisa lakukan cek dahulu spesifikasi pada perangkat kalian.

Apakah spesifikasi pada perangkat laptop ataupun komputer kalian perlu dilakukan upgrade? Selain tambah RAM dan SSD.

Contohnya itu seperti processor mencari yang lebih banyak core dan threads agar bisa melakukan multitasking menjadi lebih nyaman, dll.

Milik saya laptop dengan spesifikasi intel Celeron 847 dengan RAM sebesar 2GB  DDR3 diajak melakukan multitasking sudah sangat kewalahan.

Karena menggunakan processor tipe jadul dan laptop ini pun juga termasuk RAM nya sudah sangat kurang.

Mungkin ini yang bisa saya sampaikan mengenai cara mengatasi laptop lemot semoga bisa bermanfaat. Ada yang ingin menambahkan saya dengan senang hati menerimanya. Silakan berikan saran, kritik dan juga masukan ataupun komentar yang relevan pada kolom artikel dibawah ini.

Terima kasih.

Leave a Comment