Hal Yang Wajib Di Lakukan Setelah Install Os Windows

Yang harus di lakukan setelah melakukan install ulang os windowsAda beberapa hal yang perlu kita lakukan setalah kita telah selesai melakukan install ulang windows. Di artikel ini saya akan membagikan tips tips yang perlu kita lakukan.

Tips ini bisa dilakukan setelah kalian telah selesai install ulang windows 10, 8 ataupun windows 7. Jadi silakan dibaca perlahan, semoga artikel ini dapat membantu.

Hal yang dilakukan setelah install ulang windows

Beberapa hal yang kalian perlu lakukan setelah selesai install ulang windows pada perangkat komputer desktop ataupun laptop kalian.

1. Install driver yang belum terinstall

Secara default, laptop ataupun komputer yang telah selesai kita install ulang driver di laptop ataupun komputer itu pasti belum terinstall.

Mungkin di laptop ada beberapa driver yang otomatis sudah terinstall salah satunya seperti driver WLAN atau wifi, tapi driver yang lainnya masih belum terinstall.

Maka dari itu yang dilakukan pertama adalah install atau update driver driver pada laptop atau komputer kalian.

Cara cek driver di windows

  1. Klik tombol windows di keyboard kalian.
  2. Lalu ketikan device manager pada search bar.
  3. Jika sudah menemukannya, pilih menu device manager tepat diatas menu disk management.
  4. Lalu kalian bisa cek satu satu driver apa saja yang belum terinstall. Driver yang belum terinstall memiliki tanda seru segitiga kuning.

Jika VGA atau kartu grafis kalian menggunakan AMD, saya sarankan install driver amd dari website resmi nya langsung disini.

2. Kembalikan settinganya BIOS seperti semula

Jika sebelum install ulang windows, kalian merubah urutan boot priority pada windows yang awalnya HDD atau Internal Storage dan kalian rubah menjadi flashdisk atau external storage.

Setelah install ulang windows kalian harus merubah kembali boot priority menjadi internal storage seperti semula awal sebelum kalian install ulang.

Terkadang ada beberapa kasus, jika kita tidak mengembalikan BIOS dalam settingan default, jika si user menghubungkan flashdisk lalu menghidupkan laptop dalam kondisi flashdisk sudah terhubung. Maka laptop tersebut akan otomatis booting ke external storage.

3. Aktifkan system restore atau system backup

Kalian harus aktifkan system restore, karena jika windows kalian bermasalah seperti muncul virus atau mungkin aplikasi tidak bisa terbuka misalnya.

Jika kalian memiliki problem seperti itu kalian tidak perlu melakukan install ulang lagi kalian cukup lakukan restore system saja.

4. Pasang anti virus

Ini penting! Jika kalian ingin laptop kalian aman dari malware ataupun virus virus yang bandel. Untuk anti virus ini sendiri pada windows 10 sudah tersedia yaitu namanya windows defender.

Dan pastikan juga kalau windows defender kalian sudah aktif dan terupdate. Tapi kalian bisa install anti virus lain seperti ESET, smadav, ataupun avast dll.

5. Install aplikasi office

Selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan installasi aplikasi office. Aplikasi office adalah aplikasi yang sering digunakan setiap hari oleh user.

Untuk aplikasi office kalian bisa install software yang biasa digunakan yaitu microsoft office word atau bisa juga menggunakan wps office.

Atau kalian ingin install software office yang open-source kalian bisa install open office ataupun libre office dalam fitur tidak berbeda jauh dari software microsoft office word.

6. Install aplikasi multimedia

Aplikasi pemutar video dan juga aplikasi pemutar musik juga perlu kalian install. Di windows 10 sebenarnya sudah memiliki aplikasi pemutar video dan musik bawaan.

Tapi kalian bisa install aplikasi pemutar video lain seperti VLC dll. Aplikasi pemutar musik lain yang bisa kalian bisa install salah satunya AIMP.

7. Install aplikasi browser

Di windows 10 ada browser yang namanya mircrosoft edge, tapi mungkin beberapa dari kalian jarang menggunakan aplikasi browser tersebut.

Aplikasi browser lain yang bisa kalian install mungkin bisa aplikasi browser yang sering digunakan seperti google chrome ataupun mozile firefox. Dan aplikasi browser yang lain seperti opera.

8. Install aplikasi yang dibutuhkan user

Mungkin selanjutnya kalian bisa install aplikasi yang dibutuhkan oleh si user. Seperti software game ataupun software aplikasi editing foto ataupun aplikasi editing video dll.

Penutup

Mungkin itu saja yang bisa saya share tips hal yang dilakukan setelah install ulang windows. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Silakan tinggalkan saran dan juga kritik serta masukan kalian di kolom komentar tentang blog ini ataupun artikel ini.

Terima kasih.

Leave a Reply