Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri di Zoho Mail

Apakah kalian ingin membuat email pribadi atau email bisnis dengan menggunakan domain sendiri? Email menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari digital marketing.

Karena untuk kalian bagi pemilik bisnis, memiliki email merupakan salah satu tools komunikasi terbaik untuk bisa berhubungan dengan konsumen dan partner.

maka dari itu penting bagi kalian para pelaku bisnis untuk memiliki email yang profesional dengan menggunakan domain sendiri.

Yang perlu dicatat disini kalian harus memiliki layanan domain dan hosting, untuk bisa memiliki atau membuat email dengan domain sendiri.

Bukan email dari Google atau email lainnya.

Tetapi untuk bisa memiliki email dengan domain sendiri, kalian bisa hanya dengan membeli domainnnya saja tidak perlu hosting.

Alternatif untuk hostingnya nanti kita akan menggunakan layanan email dari zoho mail untuk dijadikan sebagai hosting dari email yang kita punya.

Zoho Mail merupakan salah satu produk dari perusahaan Zoho yang memiliki layanan untuk membuat email pribadi maupun email bisnis dengan menggunakan domain milik kita sendiri dan zoho yang menyediakan hosting emailnya.

Layanan email ini bisa bersifat multi platform.

kalian bisa menggunakannya melalui browser, aplikasi desktop baik itu pada sistem operasi windows, linux ataupun MacOs, dan aplikasi mobile Android dan juga ios.

Untuk domain kalian harus membeli, standardnya para penyedia jasa sewa domain mengharuskan kita untuk menyewa domain selama 1tahun.

Kalian bisa membeli domain di tempat penyedia jasa domain seperti : Jagoan hosting, niagahoster, rumahweb, idcloudhost dan banyak lagi.

Membuat email pribadi menggunakan domain tanpa hosting di zoho mail

Yang dimaksud dengan membuat email pribadi tanpa menggunakan hosting adalah kita menggunakan layanan gratis dari zoho mail sebagai hosting email. Yang nantinya akan kita gunakan untuk tempat email pribadi yang menggunakan domain milik kita sendiri.

Cara Daftar zoho mail untuk hosting email pribadi

Baiklah untuk yang pertama untuk membuat email sendiri dengan domain milik kita pribadi adalah kita harus membuat akun pada zoho mail terlebih dahulu.

1. Pertama, kalian bisa masuk terlebih dahulu di zoho mail dengan mengakses www.zoho.com/id/mail/ saat kalian mengakses link tersebut, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

2. Oke selanjutnya, kita akan daftar gratis dengan memilih email pribadi. Lalu kalian bisa isi form yang sudah tersedia, seperti gambar dibawah ini.

Atau selain mengisi form, untuk membuat email pribadi kalian bisa sign in atau mendaftar menggunakan akun linkedin, twitter, facebook dan juga google atau gmail kalian.

oiya, untuk awal memang kita akan menggunakan @zohomail.com, tetapi nanti kita akan setup bagaimana cara menggunakan domain untuk domain pada email pribadi kita.

3. Masukan kode otp yang sudah dikirimkan ke nomor kalian, selanjutnya kalian bisa klik tombol verifikasi.

 

Konfigurasi membuat email menggunakan domain pribadi di zoho mail

1. Oke next, kalian akan ditampilkan halaman menu inbox, lalu selanjutnya kalian bisa klik tombol profile pada pojok kanan atas. Lalu kalian klik aktifkan hosting surat maka kalian akan di direct untuk pemilihan hosting.

2. Selanjutnya kalian bisa langsung klik tombol Coba sekarang pada bagian paling bawah seperti gambar dibawah ini.

Untuk hosting email free kalian akan mendapatkan 5GB storage dengan support 25mb file yang bisa kalian lampirkan di email.

3. Oke selanjutnya, karena kita ingin membuat email dengan menggunakan domain milik kita sendiri bukan dari zoho.com, jika akan memilih tambah domain yang sudah ada. Seperti gambar dibawah ini, kalian bisa langsung klik tombol tambahkan sekarang.

4. Selanjutnya kalian akan diminta untuk menambahkan domain kalian dan memasukan organisasi dan jenis industri. Untuk nama domain kalian bisa menggunakan domain yang sudah kalian beli sebelumnya, baik itu .com, .id, .net, atau domain lainnya.

Disini saya menggunakan domain .my.id dari niagahoster.

Untuk organisasi dan jenis industri saya input pribadi dan memilih organisasi & layanan lainnya, seperti pada gambar diatas.

5. Selanjutnya akan tampil seperti gambar dibawah ini jika kalian sudah menambahkan domain. Lalu kalian bisa lanjutkan untuk melakukan verifikasi domain.

Verifikasi dan setting domain untuk membuat email di zoho mail

1. Saat kalian klik tombol lanjutkan ke verifikasi domain, kita akan diminta untuk melakukan verifikasi dengan cara menambahkan beberapa konfigurasi atau settingan pada dns management di domain yang sudah kalian beli sebelumnya.

2. Kalian bisa langsung masuk kedalam dashboard client tempat dimana kalian membeli domain yang nantinya kita akan menambahkan konfigurasi pada dns management.

Disini saya menggunakan domain dari niagahoster, maka saya akan masuk kedalam dashboard client dari niagahoster. Lalu langsung saja saya memilih tab dns management.

Jika sudah masuk kedalam dns management, kalian bisa langsung saja add record.

Pada record type kalian isi sesuai pada email setup di zoho mail yang kalian dapatkan.

Seperti pada gambar diatas, kita akan memasukan record TXT, dan name kita kosongkan saja atau input ‘@’ lalu text data kalian input dengan nilai txt yang sudah diberikan oleh zoho mail, seperti gambar dibawah ini.

Untuk TTL biarkan default saja.

Lalu kalian bisa langsung save record.

3. Selanjutnya kalian bisa klik tombol verfiikasi Catatan TXT.

Kalian diharuskan untuk menunggu beberapa saat seperti apa yang dikatakan oleh point nomor 3. Jika menggunakan metode txt record tidak bisa, kalian bisa menggunakan CNAME record.

Jika telah berhasil di verifikasi, maka akan seperti ini tampilan hasil di verifikasinya.

Pembuatan user atau pengguna

1. Selanjutnya kita akan meyiapkan user atau pengguna, kalian bisa klik titik 3 seperti gambar dibawah ini lalu pilih edit profile.

2. Setelah itu kalian pilih menu pengaturan email lalu tambahkan email alias. Setelah itu input nama tampilan dan email yang ingin kalian gunakan.

Nama yang akan saya tampilkan adalah yushand dan email yang saya gunakan adalah yushand@yushand.my.id, seperti gambar dibawah ini.

Setelah itu kalian bisa klik tombol tambahkan.

3. Lalu next, atur email yang sudah menggunakan domain pribadi sebagai alamat kotak masuk seperti gambar dibawah ini.

4. Tentunya kita akan menggunakan email dengan domain milik kita pribadi, tidak menggunakan email dengan domain zoho.com.

Saat ingin menggunakan email dengan domain pribadi akan muncul popup dimana kita akan disuruh untuk memasukan password seperti gambar dibawah ini.

5. Lalu email dengan domain pribadi kita menjadi default alamat kotak surat, seperti gambar dibawah ini.

6. Jika ingin menghapus email dengan domain zohomail.com, jika kalian bisa klik tombol icon trash seperti gambar dibawah.

7. Lalu akan muncul popup informasi seperti gambar dibawah.

8. Untuk bisa menghapus email default zohomail.com, kalian bisa klik tab keamanan lalu pilih menu Alamat email masuk, selanjutnya klik icon bintang untuk menjadikan email dengan domain pribadi kalian sebagai alamat email utama.

Setelah itu kalian akan disuruh untuk memasukan password.

9. Jika sudah maka alamat email dengan domain pribadi kalian menjadi alamat utama, dan untuk email default dengan domain zohomail.com bisa kalian hapus.

10. Selanjutnya kita kembali lagi tab pengaturan mail dan pilih menu email alias, selanjutnya klik icon trash atau tempat sampah seperti gambar dibawah.

11. Lalu akan muncul popup untuk melakukan konfirmasi apakah kalian ingin menghapus email tersebut, silakan di periksa lagi apakah kalian benar menghapus email zohomail.com? Seperti gambar dibawah ini.

kalian bisa klik tombol hapus jika sudah benar ingin menghapus email tersebut.

12. Jika sudah maka akan hanya ada 1 email saja, selanjutnya kalian klik tombol lanjutkan ke siapkan grup.

Mensiapkan grup

Selanjutnya jika kalian ingin membuat grup, silakan di sisi pada menu grup ini. Jika tidak kalian bisa skip atau klik tombol proceed to pemetaan DNS atau Lanjutkan ke pemetaan DNS.

Setting DNS Management pada domain

Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

Disini kita akan melakukan seeting DNS pada dns management di dashboard domain client kalian masing masing, disini untuk domain saya tergister di niagahoster maka saya akan masuk kedalam dashboard client dari niagahoster.

Jika sudah masuk kalian bisa msuk kedalam menu dns management, lalu tambahkan record tipe sesuai dengan gambar diatas.

Disini saya sudah menambahkan record tipe pada dns management di dashboard domain client saya.

 

 

 

Seperti pada gambar diatas, untuk penambahan record type sudah saya input di dns management domain saya. Lalu kembali lagi ke pemetaan dns selanjutnya kalian bisa scroll lalu klik tombol verify all records.

Jika sudah di verify maka status recordnya akan berubah menjadi tanda ceklis atau berubah tampilan seperti gambar dibawah ini. Apabila semuanya sudah selesai, kalian bisa lanjutkan ke tahap berikutnya dengan klik tombol Proceed to Migrasi Email.

Migrasi data email pribadi dengan domain

Jika sebelumnya email yang kalian sudah digunakan (dengan domain yang sama) baik itu pada hosting atau tempat lain dan kalian migrasi hosting email dengan menggunakan zoho mail, kalian bisa melakukan migrasi data.

Tetapi disini casenya email yang saya buat adalah email baru, maka step ini saya skip dan langsung klik tombil proceed to Go mobile atau lanjutkan ke Go mobile.

Menghubungkan Email dengan domain pribadi menggunakan aplikasi zoho mobile

Jika kalian ingin login email pribadi kalian di smartphone, kalian bisa download aplikasi zoho mail di playstore bagi pengguna android dan di app store bagi pengguna iOS.

Pada step ini kalian bisa langsung skip saja dengan klik tombol proceed to setup completion.

Setup zoho mail completed

Yap kita sudah selesai untuk melakukan konfigurasi atau setup email dengan domain sendiri dizoho mail, sekarang hanya tinggal kita gunakan saja email ini untuk keperluan kita.

Kalian bisa langsung klik salah satu tombol seperti gambar dibawah ini menuju console admin atau check inbox.

Uji coba mengirim pesan pada email dengan domain pribadi

Oke disini kita akan coba untuk mengirimkan sebuah pesan ke email yang baru saja kita buat. Email yang baru saja saya buat yaitu yushandrino@yushand.my.id da kita akan mencoba mengirimkan pesan dari email google atau gmail.

Berikut pesan yang akan coba saya kirim menggunakan gmail ke email domain pribadi saya , seperti gambar dibawah ini.

Sekarang kita akan check kotak masuk atau inbox pada email domain pribadi saya di zoho mail, kalian bisa menggunakan smartphone lalu login melalui aplikasi zoho mail atau menggunakan web browser login kedalam zoho mail.

Seperti pada gambar dibawah ini untuk pesan yang kita kirim dari gmail.com sudah berhasil masuk.

Dengan ini artinya email dengan domain pribadi kita sudah siap untuk digunakan.

Dengan cara bikin email dengan menggunakan domain pribadi, maka email kita akan terlihat professional dan cocok digunakan untuk bisnis juga.

Bagaimana apakah untuk tutorial cara membuat email dengan domain pribadi di zoho mail ada yang mengalami kesulitan? mungkin kalian bisa berkomentar dikolom komentar dibawah ini atau melalui media sosial saya siapa tahu nanti bisa saya bantu sedikit-sedikit.

Semoga artikel ini bisa berguna untuk kalian semua.

Leave a Comment